China Pada AS: Setop Ikut Campur Soal Laut China Selatan

Jum'at, 29 Mei 2015 - 17:14 WIB
China Pada AS: Setop Ikut Campur Soal Laut China Selatan
China Pada AS: Setop Ikut Campur Soal Laut China Selatan
A A A
BEIJING - China meminta Amerika Serikat (AS) untuk berhenti ikut campur dan berhenti membuat penyataan yang memperkeruh situasi di Laut China Selatan. Menurut China, AS adalah pihak luar, dan tidak bijak untuk ikut campur dalam sengketa tersebut.

Selain menghantam AS, China juga melemparkan "pukulan" kepada Filipina, yang menurut mereka telah membelokan sejarah. Dalam pandangan China, Filipina telah terlebih dahulu melakukan reklamasi di Laut China Selatan, jauh sebelum China melakukannya.

"Kami mendesak Filipina untuk berhenti membuat pernyataan yang salah dan kami juga mendesak AS, yang bukan merupakan pihak dalam sengketa Laut Cina Selatan, untuk mengambil sikap bertanggung jawab, bijaksana, baik dalam kata-kata ataupun perbuatan, dengan melakukan tindakan atau perkataan yang masuk akal dan tenang, dan berhenti membuat pernyataan provokatif," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying.

Seperti dilansir Reuters pada Kamis (29/5/2015), Hua menegaskan, pernyataan-pernyataan provokatif tersebut tidak akan membuat keadaan di wilayah sengketa tersebut lebih baik, dan justru akan membuat situasi semakin memanas.

"Jenis komentar provokatif itu menyebabkan suasana yang tidak kondusif untuk memecahkan sengketa secara damai di wilayah itu, justru komentar itu akan lebih merusak perdamaian dan stabilitas di kawasan itu," tambah Hua.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5000 seconds (0.1#10.140)