Gunung Berapi di Jepang Meletus, Ratusan Orang Dievakuasi

Jum'at, 29 Mei 2015 - 10:12 WIB
Gunung Berapi di Jepang Meletus, Ratusan Orang Dievakuasi
Gunung Berapi di Jepang Meletus, Ratusan Orang Dievakuasi
A A A
TOKYO - Sebuah gunung berapi di sebuah pulau terpencil di Kuchinoerabujima, Jepang selatan tiba-tiba meletus pada hari Jumat (29/5/2015). Pemerintah Jepang telah memerintahkan evakuasi terhadap ratusan orang di sekitar gunung dan rute penerbangan dialihkan.

Letusan mendadak gunung berapi itu juga menyebabkan gumpalan asap hitam yang membumbung ke langit.

Menurut laporan media Jepang, NHK, aliran gas panas piroklastik serta bebatuan dari letusan gunung berapi itu telah mencapai laut. ”Ada ledakan besar dan asap hitam membumbung ke atas,” kata seorang pejabat di pulau setempat yang disiarkan stasiun televisi NHK.

Belum ada laporan, terkait kemungkinan korban luka atau korban jiwa setelah pemerintah memerintahkan evakuasi terhadap sekitar 140 warga. Untuk mencapai pulau di mana gunung berapi itu meletus hanya bisa diakses dengan kapal atau perahu.

Kantor Manajemen Bencana Jepang menyatakan, sebuah kapal feri yang menuju pulau, yang berjarak sekitar 160 km (100 mil) sebelah selatan dari Pulau Kyusu. Kapal feri itu dikirim untuk melakukan evakuasi ratusan warga.

Sementara itu, maskapai Jepang, All Nippon Airways, mengatakan bahwa rute penerbangan pesawat ke Okinawa dan Asia Tenggara dialihkan untuk menghindari bahaya. Namun, tidak ada rencana pembatalan penerbangan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4466 seconds (0.1#10.140)