AS Tolak Ide Negara-negara yang Berpengaruh di Dunia

Kamis, 28 Mei 2015 - 14:55 WIB
AS Tolak Ide Negara-negara yang Berpengaruh di Dunia
AS Tolak Ide Negara-negara yang Berpengaruh di Dunia
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menolak ide setiap negara yang memiliki pengaruah di dunia. Hal itu disampaikan Wakil Presiden AS, Joe Biden kepada kelompok think thank di Washington yang mengulas krisis Ukraina.

”Kami tidak akan mengakui negara memiliki pengaruh lingkup (dunia),” kata Biden saat pidato di Brookings Institution, Rabu waktu AS atau Kamis (28/5/2015) WIB.

Namun, pernyataan Wakil Presiden Barack Obama itu tidak jelas, apakah ditujukan kepada Rusia, China atau negara lainnya yang selama ini memiliki pengaruh di dunia.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jeff Rathke, ketika dikonfirmasi juga mengaku tidak cukup tahu maksud pernyataan Biden.

”Apa yang kita lihat, ketika kita melihat di seluruh dunia adalah tempat di mana kita ingin meningkatkan kontak kami dengan negara-negara lain," kata Rathke. Menurutnya, negara-negara lain mungkin juga berpandangan yang sama.

“Yang penting adalah bahwa mereka mengembangkan hubungan atas dasar kepentingan bersama, saling menghormati, tanpa paksaan, dan untuk kepentingan rakyat dari negara yang terlibat,” ujar Rathke.

”Saya tidak benar-benar bisa memikirkan tentang deskripsi soal ‘pengaruh lingkup’ yang sangat tepat,” imbuh dia, seperti dikutip Russia Today.

Dalam narasinya Biden menyalahkan masalah kemanusiaan di Ukraina pada Rusia. Dia kembali menegaskan dukungan AS untuk Pemerintah Ukraina. Menurutnya, AS telah memberikan bantuan ekonomi senilai 470 juta dolar kepada Kiev. “AS membutuhkan Ukraina yang tidak dapat disuap, dipaksa atau diintimidasi,” ucapnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3739 seconds (0.1#10.140)