Jet Tempur Saudi Cs Bombardir Pelabuhan Militer Yaman

Rabu, 27 Mei 2015 - 16:53 WIB
Jet Tempur Saudi Cs Bombardir Pelabuhan Militer Yaman
Jet Tempur Saudi Cs Bombardir Pelabuhan Militer Yaman
A A A
HUDAYDA - Pesawat-pesawat jet tempur Arab Saudi dan koalisinya membombardir pelabuhan militer terbesar Yaman di Hudaida, Laut Merah, pada Rabu (27/5/2015). Serangan paling serius selama agresi dua bulan lebih itu juga melibatkan kapal-kapal perang koalisi.

Pelabuhan militer terbesar di Yaman itu diserang setelah diklaim sudah dikuasai pemberontak Houthi. ”Basis Angkatan Laut dibom oleh pesawat tempur dan kapal. Sebagian besar hancur dan dua kapal perang ikut terkena,” kata seorang pejabat Yaman yang berbiacara kepada Reuters melalui telepon.

“Salah satu (kapal perang yang diserang) itu bernama Bilqis, kondisinya hancur dan oleng ke samping, dan lima kapal perang lainnya juga diserang,” lanjut pejabat itu yang berbicara dalam kondisi anonim.
Warga di Sanaa juga melaporkan bahwa kamp-kamp militer di Ibu Kota Yaman yang telah dikuasai Houthi ikut diserang.

Serangan besar-besaran Koalisi Arab Saudi ini terjadi setelah perundingan damai untuk krisis Yaman yang disponsori PBB pada 28 Mei 2015 batal digelar di Jenewa.

"Sekretaris Jenderal (PBB Ban Ki-moon) kecewa bahwa itu perundingan belum memungkinkan untuk dimulai, dia menegaskan kembali seruannya bagi semua pihak untuk terlibat dalam perundingan dengan itikad baik dan tanpa prasyarat,” kata juru bicara sekjen PBB ,Stephane Dujarric.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4922 seconds (0.1#10.140)