Takut Agresi Rusia, Estonia Bangun Bunker Mobile

Selasa, 26 Mei 2015 - 21:30 WIB
Takut Agresi Rusia, Estonia Bangun Bunker Mobile
Takut Agresi Rusia, Estonia Bangun Bunker Mobile
A A A
MOSKOW - Estonia dilaporkan tengah merancang sebuah tempat perlindungan atau bunker yang bersifat mobile atau dapat dipindahkan. Pembangunan bunker ini dilakukan karena negara tersebut semakin takut akan adanya kemungkinan agresi dari Rusia.

Peter Kirsti, salah seorang perancang bunker tersebut mengatakan, berdasarkan hasil tes, tempat perlindungan tersebut bisa menahan peluru hingga kaliber 115mm. Dirinya mengatakan, bunker ini akan dinamai Sub Safe U1.

"Tempat perlindungan ini bisa menahan tembakan peluru kaliber 115mm. Kami sudah mengujinya, mulai dari tembakan peluru 80mm hingga 115mm, dan seperti yang terlihat peluru-peluru tersebut tidak bisa menembusnya. Bunker ini menahan semua peluru dengan sangat baik," ucap Kirsit, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (26/5/2015).

Kirsti mengatakan, bunker ini berbahan dasar dari sebuah plastik yang sangat kuat, dengan bobot mencapai dua ton. Setiap unitnya, lanjut Kirsti akan dihargai 18 ribu Euro, dan dirinya menyebut bunker ini bisa dibangun hanya dalam kurun waktu dua jam.

"Satu unit bisa menampung 12 orang," tambahnya. Kirsti mengatakan, permintaan terhadap bunker mobile kian hari kian meninggi, paska konflik yang terjadi di Ukraina terus memanas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4028 seconds (0.1#10.140)