Jenderal AS: ISIS Aktif Rekrut Anggota di Afghanistan

Minggu, 24 Mei 2015 - 11:06 WIB
Jenderal AS: ISIS Aktif Rekrut Anggota di Afghanistan
Jenderal AS: ISIS Aktif Rekrut Anggota di Afghanistan
A A A
KABUL - Komandan pasukan internasional asal Amerika Serikat (AS), Jenderal John F. Campbell mengatakan, ISIS secara aktif melakukan perekrutan anggota di wilayah Afghanistan. Menurut Campbel, ISIS menggunakan jejaring sosial untuk merekrut anak muda Afghanistan.

"Sudah cukup banyak yang mengucap janji setia pada ISIS, yang saat ini sudah menguasai sepertiga wilayah Irak dan Suriah," ucap Campbell dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (24/5/2015).

Campbell mengatakan, sasaran utama ISIS adalah mereka yang sebelumnya sudah sempat bergabung dengan Taliban atau dengan kelompok sempalan Taliban. Dirinya menyebut, walaupun belum secara aktif beroperasi di Afghanistan, isu ini tetap harus menjadi perhatian.

"Ini benar-benar memprihatinkan. ISIS sudah sangat berkembang cepat di Afghanistan dalam kurun waktu enam bulan terakhir," kata Campbell. Pernyataan Campbell ini sendiri sejatinya bertolak belakang dengan apa yang kerap diutarakan oleh pemerintah dan otoritas keamanan di Afghanistan.

ISIS memang terus berusaha untuk melebarkan sayap mereka di wilayah Timur Tengah. Selain di Afghanistan, jejak ISIS juga mulai terlihat di Pakistan, Arab Saudi dan Libya, dimana di dua negara terakhir ISIS sudah mulai menunjukan aksi teror mereka dengan video eksekusi dan aksi bom bunuh diri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3677 seconds (0.1#10.140)