Terungkap, Al-Qaeda Pernah Minta Osama Tumpas Benih ISIS

Kamis, 21 Mei 2015 - 22:28 WIB
Terungkap, Al-Qaeda Pernah Minta Osama Tumpas Benih ISIS
Terungkap, Al-Qaeda Pernah Minta Osama Tumpas Benih ISIS
A A A
WASHINGTON - Simpatisan al-Qaeda ternyata mengirimkan surat kepada Osama Bin-Laden, yang berisi permintan untuk menghentikan salah satu sempalan mereka, yang kini berubah menjadi ISIS. Dalam surat yang dibeberkan oleh intelijen Amerika Serikat (AS) itu, para simpatisan al-Qaeda merasa salah satu kelompok sempalan itu sudah bertindak terlalu jauh.

Dalam sebuah surat bertanggal 22 Mei 2007, yang ditujukan kepada Osama dan wakilnya Ayman Al Zawahiri, para pendukung al-Qaeda di Irak meminta bin Laden untuk bertindak atas pertumpahan darah yang terjadi di Irak. (Baca juga: Surat Osama: Serang AS, Sesama Muslim Jangan Bertikai)

Front Jihad dan Pembaruan di Irak, kelompok simpatisan al-Qaeda yang mengirimkan surat kepada Osama mengatakan, Osama akan sangat berdosa bila membiarkan kelompok-kelompok sempalan al-Qaed itu bertindak sesuka hati, terlebih dengan membawa-bawa nama Osama.

“Jika Anda masih bisa, maka inilah kesempatan terakhir untuk memperbaiki kerusakan Jihad yang terjadi di Irak, yang disebabkan oleh pengikut Anda," bunyi surat tersebut, seperti dilansir Al Jazeera pada Kamis (21/5/2015).

Namun, belum diketahui apakah Osama sempat membalas surat tersebut atau tidak. Tapi, satu kekhawatiran yang terbukti dalam surat tersebut adalah, para pengikut Osama yang kini bertranformasi menjadi ISIS telah mengakibatkan kerusakan yang luar biasa besar di Irak.

Sebelumnya, dalam dokumen lain yang dibeberkan intelijen AS, terdapat pula seruan dari Osama untuk menyerang AS dan meminta umat Muslim untuk bersatu. Tak hanya pesan untuk menyerang AS, surat Osama juga berisi panduan bagi orang-orang yang ingin menjalankan operasi bom bunuh diri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3640 seconds (0.1#10.140)