Longsor Dahsyat Sapu Puluhan Warga Kolombia

Selasa, 19 Mei 2015 - 15:07 WIB
Longsor Dahsyat Sapu Puluhan Warga Kolombia
Longsor Dahsyat Sapu Puluhan Warga Kolombia
A A A
SALGAR - Sebuah longsor hebat menyapu bersih kota Santa Margarita, yang berada di Salgar, Kolombia. Walikota Salgar, Olga Osorio menyebut, longsoran tersebut telah menghapus habis Santa Margarita. Pernyataan itu jadi gambaran betapa dahsyatnya bencana tersebut.

Osorio dalam sebuah wawancara dengan Radio RCN, seperti dilansir Al Jazeera pada Selasa (19/5/2015) mengatakan, longsor itu terjadi pada pukul tiga dini hari tadi. Setidaknya, sampai saat ini 56 orang diketahui tewas ditelan oleh aliran tanah bercampur air tersebut.

"Aliran lumpur dan air menyapu segala sesuatu yang dilaluinya. Santa Margarita praktirs "dihapus dari peta"," kata Osoro dalam pernyataannya.

Sementara itu, Presiden Kolombia Juan Manuel Santos langsung mengutarkan duka cita kepada keluarga korban, dan menyiratkan kemungkinan kecil untuk menemukan korban selamat dalam insiden. Dirinya dilaporkan langsung terbang ke lokasi longsor tersebut, dan langsung menggelar rapat darurat dengan pejabat setempat.

"Tidak ada yang bisa membawa kembali para korban ke pangkuan Anda. Itu adalah salah satu hal yang kami sesali. Tapi, kita harus bisa melewati bencana ini dan melihat ke depan, dengan kekuatan yang kita miliki," kata Santos.

Pemimpin Kolombia itu juga mengutarakan, bahwa pemerintah akan menampung semua anak yang kehilangan orang tuanya dalam insiden tersebut. "Beberapa anak yatim piatu akan dirawat oleh Colombian Institute for Family Wellbeing," sambungnya.

Dirinya juga menjanjikan uang sebesar USD 7.000 atau sekitar Rp. 85 juta kepada setiap keluarga yang terkena dampak longsoran itu, dan berjanji akan segera mempebaiki serta membangun infrastuktur untuk mencegah bencana serupa terjadi di masa depan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4235 seconds (0.1#10.140)