Lusa, Malaysia, Indonesia, dan Thailand Bahas Pengungsi

Senin, 18 Mei 2015 - 20:59 WIB
Lusa, Malaysia, Indonesia, dan Thailand Bahas Pengungsi
Lusa, Malaysia, Indonesia, dan Thailand Bahas Pengungsi
A A A
JAKARTA - Pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri antara Malaysia, Indonesia dan Thailand dilaporkan akan digelar pada Rabu di Kota Kinabalu, Malaysia. Pertemuan itu akan membahas mengenai para pencari suaka, dan juga mengenai perdagangan manusia.

"Menteri Luar Negeri Malaysia Dato 'Sri Anifah Hj. Aman akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri / Menteri Luar Negeri Kerajaan Thailand Jendral Tanasak Patimapragorn dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi pada Rabu 20 Mei, 2015 di Putrajaya untuk membicarakan mengenai isu perdagangan dan penyelundupan manusia," bunyi rilis Kementerian Luar Negeri Malaysia yang diterima Sindonews pada Senin (18/5/2015).

Dalam rilis tersebut, Malaysia juga menyatakan akan terus melakukan kerjasama dengan beberapa negara yang terkena dampak dari serbuan pengungsi, yang juga diduga sebagai korban penyelundupan manusia.

"Malaysia tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan negara-negara yang terkena dampak dan juga bekerjasama dengan anggota masyarakat internasional dalam menyelesaikan masalah ini. Malaysia akan terus mencari solusi masalah ini melalui, antara lain, upaya terpadu dan terkoordinasi di antara negara-negara asal, transit dan tujuan." tambah pernyataan itu.

Isu mengenai pengungsi, perdagangan dan penyelundupan manusia kembali mencuat paska banyaknya pengungsi Rohingnya asal Bangladeh dan Myanmar masuk ke perairan-perairan negara Asia Tenggara.

Sementara itu, sebelum bertemu dengan Indonesia dan Thailand, Malaysia sudah terlebih dahulu bertemu dengan Bangladesh untuk membahas hal ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3234 seconds (0.1#10.140)